“High School English Speech Competition” tandai satu dekade NEPTUNE berkarya untuk bangsa sekaligus rayakan kemerdekaan RI ke-73

NEPTUNE MADIUN (03/09/18) – “With languages, you are at home anywhere”, Edmund De Waal.  Makna bahasa secara sederhana adalah alat komunikasi, dengan bahasa kita mampu berinteraksi dengan sesama manusia. Bahasa juga yang mampu membuat kita senyaman dirumah sendiri dimanapun kita berada. Itulah kiranya makna penggalan kalimat sederhana yang dituliskan oleh seorang pengarang dan sekaligus seniman berkebangsaan Inggris tersebut. Terlebih Bahasa Inggris, yang notabene dijadikan sebagai bahasa internasional. Pengusaan Bahasa Inggris mutlak diperlukan agar kita mampu berkomunikasi dengan semua orang di belahan dunia manapun. Apalagi di era yang semakin canggih, tuntutan zaman seolah mewajibkan kita untuk mampu berkomunikasi secara global baik untuk

kepentingan sosial, budaya, politik bahkan yang lebih penting adalah meraih peluang kerja.

NEPTUNE, sebagai lembaga inovatif pertama di Indonesia yang menggabungkan pendidikan perhotelan, kapal pesiar dan kewirausahaan dalam satu wadah, nampaknya menyadari betul akan hal itu. Terlebih lagi bahwa output dari para peserta didik Neptune nantinya dipersiapkan untuk menjadi seorang pekerja di bidang kapal pesiar dan juga hotel nasional bahkan internasional. Sudah barang tentu kepiawaian dalam berkomunikasi sangat berperan penting di dalam menunjang kelancaran pekerjaan mereka.

Bertempat di lantai-2  NEPTUNE Madiun, tepatnya di jalan ring road barat, kawasan ruko rado trade centre (RTC)  no rb10-12, Sabtu  01 september 2018 NEPTUNE Madiun menyelenggarakan lomba pidato bahasa inggris khusus bagi siswa siswi kelas XII SMA, MA dan SMK negeri, swasta di wilayah Madiun dan sekitarnya. acara yang bertajuk “When the English is Us, the World is Ours” tersebut sengaja digelar untuk memeriahkan peringatan ke-73 tahun kemerdekaan republik Indonesia sekaligus memperingati satu dekade NEPTUNE berkontribusi dalam rangka mempersiapakan para generasi muda handal Indonesia untuk mampu bersaing mendapatkan peluang kerja di hotel dan kapal pesiar internasional sekaligus mencetak mereka menjadi seorang

young entrepreneur.

Perhelatan yang dimulai  sejak pukul 08.30 WIB

itupun terlihat meriah. Puluhan peserta delegasi dari masing-masing sekolah beserta pendukungnya sengaja datang untuk berpartispasi dan memeriahkan acara. Salah satunya Siti Ayu, perwakilan dari SMA 02 Muhammadiyah Sumberejo yang jauh-jauh datang dari kota Bojonegoro. Ia pun mengaku sangat tertantang untuk tampil di acara ini , sampai-sampai ia pun rela untuk menginap di rumah saudara sehari sebelum kegiatan inti digelar.

Antusiasme para peserta juga dirasakan sangat kental tatkala gemuruh tepuk tangan menandai satu persatu peserta tampil menyampaikan isi pidato dengan gaya khas nya masing-masing. Ada 5 kriteria penilaian yang ditetap dalam proses penjurian. Ini sejalan dengan paparan panitia dalam technical meeting yang digelar sehari sebelumnya. Muka tegang dan serius para peserta begitu terlihat karena memang aroma persaingan sangat terasa. Kepiawaian para penampil mengolah kata, menggunakan intonasi menampilkan gerak tubuh, dalam  menyampaikan materi yang begitu berbobot sangat memukau hadirin yang hadir. Pun juga yang menyebabkan tiga dewan juri pengambil nilai begitu alot dalam berdiskusi untuk menentukan juara.

 

“Mengapa kita membidik kelas 12. Itu lebih karena di tingkat tersebut para siswa sedang bersiap untuk memilih dan menentukan masa depan, entah itu bekerja atau melanjutkan perkuliahan. Maka kita harus support dan motivasi mereka” ,Ujar Bapak Koesworo selaku pendiri Neptune dalam sambutannya. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada sekolah yang berkesempatan untuk mendelegasikan siswa-siswinya dan berharap bahwa acara semacam ini mampu untuk memberikan gairah baru bagi pelajar khususnya guna lebih semangat dalam meraih kesuksesan kelak. “Insya Alloh NEPTUNE kedepan akan menyelenggarakan event-even yang lain yang akan melibatkan para siswa SLTA”, Pungkas beliau.

Kegiatan yang berakhir sekitar pukul 13.00 WIB itupun ditutup dengan pengumuman para juara. Ketegangan memuncak ketika satu persatu nama peserta disebut yang berarti mereka  keluar sebagai pemenang.

Ada empat kategori juara yang diperebutkan dalam lomba kali ini yakni juara satu, dua dan tiga serta juara favorit. Total hadiah uang tunai 2,4 juta, trophy serta piagam penghargaan sebagai reward bagi mereka.

Keluar sebagai juara umum adalah sdr. Laily Maghfiroh perwakilan dari MA Bilingual Ulul Albab Nganjuk, disusul sdr. Cantika Febrita siswi terbaik dari SMAN 4 Madiun sebagai runner-up. Sementara di posisi ketiga adalah sdr. Siti Ayu D siswi berprestasi dari SMAM 2 Sumberejo Bojonegoro dan disusul sdr. Fransiska Putri dari SMKN 1 Wonoasri sebagai juara favorit.

Akhirnya selamat bagi para peserta terutama para juara. Terus berkarya, belajar dan berdo’a, masa depan gemilang menanti. Sampai bertemu dalam agenda NEPTUNE berikutnya.

NEPTUNE Kita beda, NEPTUNE Istimewa, SUKSES!!! YES

By: IRWAN YUNI SURYANTO, S.Pd

Logo Neptune

NEPTUNE

Lokasi

  • Jl. Kh. Hasyim Asy'ari, Bandar Kidul, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64119
  • Jl. Ringroad Barat, Ngegong, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63125

Langganan

Silahkan masukkan e-mail anda untuk berlangganan artikel terbaru dari kami.

Copyright 2019 NeptuneCruise.com All Rights Reserved.